Jumat, 16 Mei 2008

SUTANTO LANTIK 7 KAPOLDA BARU

Jakarta-Rabu (13/5) Kepala Polri Jenderal Drs. Sutanto melantik 7 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di Rupattama Mabes Polri. Ketujuh Kapolda tersebut antara lain ; Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Bagus Eko Danto yang sebelumnya menjabat sebagai Dosen di Sespim Polri Bandung, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Drs. Soekirno sebelumnya menjabat sebagai Wakakor Brimob Polri. Kapolda Riau Brigjen Pol. Drs. Hadiatmoko yang sebelumnya menjabat sebagai Dir. V Tipiter Bareskrim Polri. Kapolda Babel Brigjen Pol. Drs. Iskandar asan sebelumnya menjabat sebagai Ses NCB Interpol, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol. Drs. Anton Bachrul ALam sebelumnya menjabat sebagai Wakadivhumas Polri. Kapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Bambang Suedi sebelumnya menjabat Dir Samapta Babinkam Polri. Dan Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Asikin sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akpol Semarang.

Kepala Polri Jenderal Sutanto mengatakan “Serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi, dalam rangka regenerasi, promosi, maupun penyegaran, guna terpeliharanya dinamika kehidupan organisasi”.

Selain melantik Kepala Polda, Kapolri juga melantik Brigjen Pol. Drs. Sutjipadi menjadi Gub. Akpol dari jabatan sebelumnya sebagai Kapolda Riau. Sedangkan Ses NCB Interpol dijabat oleh Brigjen Pol. Drs. Halba Rubis Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalsel.

Kapolri mengharapkan mekanisme alih kepemimpinan dapat berlangsung baik, guna kesinambungan peningkatan kinerja serta dinamika organisasi, sehingga mampu melaksanakan tugas pemeliharaan Kamtibmas, penegakkan Hukum, serta perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat secara lebih professional, bermoral, modern dan berorientasi pada kepentingan masyarakat, serta memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat.

Lebih jauh Kapolri menekankan kepada Kapolda yang baru menjabat “Agar dalam pemeliharaan Kamtibmas, kuasai karakteristik kerawanan daerah, serta berdayakan potensi local maupun pranata social untuk mendukung pelaksanaan tugas”. Selain itu Kapolri berpesan agar para Kapolda juga “mampu menggali dan kembangkan kearifan local, kemudian formulasikan menjadi strategi guna mewujudkan masyarakat yang taat hokum, implementasikan Polmas dengan menyesuaikan budaya setempat, sehingga Polri dapat lebih membumi dan diterima masyarakat”.

Mengakhiri amanatnya Kapolri Jenderal Sutanto mengucapkan terimakasih dan selamat melaksanakan tugas ditempat yang baru, serta bagi pejabat yang memasuki masa pension Polri masih tetap membutuhkan saran dan masukan bagi kemajuan Polri akan selalu dibutuhkan, sedangkan kepada para Ibu pejabat lama dan baru terimakasih atas dukungannya kepada para suami, sehingga tugas yang diemban dapat terlaksana dengan baik dan lancer.

Upacara Serah terima Jabatan berlangsung dengan khidmat dan sederhana ini dihadiri oleh seluruh pejabat utama Mabes Polri, Ibu Ketua Pengurus Pusat Bhayangkari dan daerah serta para Pamen dilingkungan Mabes Polri. (hms Polri).

Tidak ada komentar: