Jumat, 16 Mei 2008

KAPOLRI : BRIMOB HARUS TAMPIL SEBAGAI POLISI SIPIL YANG PROFESIONAL, BERMORAL DAN MODERN

Jakarta - Sejalan dengan perubahan perkembangan, situasi dan kondisi lingkungan global, regional, nasional maupun lokal, yang berpengaruh juga terhadap dinamika kehidupan bermasyarakat yang secara tidak langsung maupun langsung menimbulkan kemunculan potensi gangguan kamtibmas, yang menjadi tantangan tugas Polri. Maka Korbrimob sebagai bagian Polri yang memiliki kemampuan untuk menangani gangguan kamtibmas berintensitas tinggi, adalah merupakan hal yang mutlak diperlukan. Hal ini disampaikan dalam sambutan Kapolri yang disampaikan oleh Wakapolri Komjen. Pol. Drs. R. Makbul Padmanagara S.H. M.H. pada pembukaan Rapat Kerja Teknis Brimob Polri T.A 2008 di Ruang Rapat Utama Mabes Polri Senin (6/5). Dalam sambutan tersebut Kapolri mengharapkan penentuan kinerja yang disusun oleh Korbrimob harus mendasari serta berorientasi pada kepentingan masyarakat, selaku stakeholders kamtibmas. Untuk itu, diharapkan tampilan kinerja Korbrimob Polri, mampu memberikan dukungan optimal kepada pencapaian keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Polri, yang meliputi pemeliharaan Kamtibmas, penegakkan hukum, serta pemberian perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat. Maka dari itu sejalan dengan hal tersebut, Polri, termasuk Brimob di dalamnya, telah, sedang, dan akan terus melakukan pembenahan, guna mewujudkan tampilan Polri sebagai Polisi sipil, yang professional, bermoral, modern, berorientasi pada kepentingan masyarakat, protagonis, humanis, serta menjunjung tinggi HAM dan nilai demokrasi.

Pada amanat pembukaan Rakernis Brimob yang berencana berlangsung selama 3 hari ini, Kapolri mengharapkan juga dapat menghasilkan konsep-konsep strategis, dalam upaya peningkatan kinerja, sehingga peran Korbrimob Polri dalam mengatasi berbagai tantangan, serta untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Polri di masa yang akan datang, khususnya terkait pengamanan Pilkada dan Pemilu tahun 2009, dapat dioptimalkan. Perlu diperhatikan bahwa, produk atau konsep yang dihasilkan, harus dapat diimplementasikan, mulai dari Korbrimob Polri, sampai dengan satuan-satuan Brimob yang ada di Daerah.

Dalam amanat Kapolri juga, disampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh peserta rakernis dan jajaran anggota Brimob, yaitu :

1. Senantiasa iman dan ketaqwaan kita kepada Tuhan YME, untuk menunjang pelaksanaan tugas dimanapun berada.
2. Tingkatkan dan pelihara kemampuan, serta leterampilan melalui latihan secara simultan baik perorangan maupun kesatuan, sehingga terhindar dari kesalahan bertindak dalam pelaksanaan tugas.
3. Tampilkan performa kerja dalam menghadapi tantangan tugas, secara profesional, proprsional, dengan dilandasi kesabaran, keuletan, dan keikhlasan dalam bertindak. Pegang teguh motto pengabdian Brimob Polri “JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN”
4. Berdayakan sarana dan prasarana yang ada, guna menunjang pelaksanaan tugas.
5. Asahlah pola pandang ke depan yang visioner, dan perkaya wawasan, guna menghadapi perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
6. Sebagai bagian Polri, Brimob hendaknya mampu melaksanakan tugas dengan baik, serta dapat mencerminkan jati diri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang bekerja secara profesional, bermoral, dan modern, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat, demi terpeliharanya Kamtibmas.
7. Hindari perbuatan yang melanggar aturan, baik menyangkut disiplin anggota Polri, Kode etik profesi Polri, maupun pidana, serta yang dapat menyakiti hati masyarakat. Tampilkan citra Brimob yang protagonist serta berpihak kepada masyarakat, sehingga akan dapat mendukung pencapaian strategi Polri, berkenaan dengan pembangunan kepercayaan publik.

Sambutan Kapolri ini diakhiri dengan pengetukan palu oleh Wakapolri sebagai tanda dimulainya Rakernis Brimob yang bertemakan “ Melalui Rakernis Brimob Polri T.A. 2008, kita tingkatkan kinerja Brimob Polri dalam rangka pengamanan Pemilu Kada dan Pengamanan Pemilu 2009”, dan dihadiri oleh Kababinkam Polri, Kakorbrimob Polri, dan para pejabat utama Mabes Polri serta para Dansat Brimob dari seluruh Polda se Indonesia. (SFLH/DIVHUMAS)

Tidak ada komentar: